Jumat, 26 September 2008

Gaya Hidup Mewah penyebab Korupsi




Dalam kehidupan kita saat ini banyak kita temui korupsi dan saat ini semakin gencar bangsa Indonesia melakukan pemberantasan korupsi. tetapi anehnya semakin di brantas semakin banyak korupsi yang tumbuh, mungkin istilahnya mati satu tumbuh seribu, lalu kenapa hal ini bisa terjadi karena pemerintah tidak membuat aturan yang mendasar untuk memberantas korupsi.

Apasih yang dimaksud dengan kebijakan mendasar untuk memberantas korupsi, mungkin salah satunya adalah tidak bergaya hidup mewah atau bergaya hidup sederhana, apa hubungan korupsi dan gaya hidup mewah?, hubungannya adalah jika seseorang bergaya hidup mewah lalu hal itu akan membuat orang lain disekitarnya akan iri akan kemewahan yang diberikan lalu mereka berusaha dengan sekuat tenaga dan berbagai cara untuk bisa seperti orang yang memiliki gaya hidup mewah.

Tapi ironinya masyarakat Indonesia, yang pada umumnya suka memamerkan apa yang dimilikinya di tambah memiliki gaya hidup yang mewah, hal ini menyebabkan suburnya praktek korupsi di Indonesia, dari para pejabat, para pegawai negeri dan swasta, sampai tinggat RT/RW, karena saat ini masyarakat Indonesia melihat orang bukan dari kepribadianya, tetapi apa yang dimilikinya. berapa banyak harta yang dimilikinya.

Ada pepetah dari manado (kalau tidak salah) "Lebih Baik kalah nasi, Dari pada Kalah aksi" artinya walau di rumah atau kebutuhan hidup kekurangan, tetapi di luar kita harus terlihat wah, hal ini sungguh berbahaya, kita menghalalkan segala cara untuk mendapat kemewahan, agar bisa di pandang orang, walau dengan cara korupsi atau berhutang.

Seandainya pemerintah mau menerapkan gaya hidup sederhana, tidak dengan mobil mewah, rumah dinas yang mewah, mungkin korupsi bisa ditekan, kita ambil contoh India, Mereka menerapkan fasilitas yang tidak mewah untuk negaranya, saat ini india bisa maju. Diluar itu kalau pejabat tidak bergaya hidup mewah berapa Devisa Negara bisa terselamatkan, yang selama ini Pajak yang kita bayar (Pajak kendaraan, Pajak Penghasilan, PPN/PPnBM, pajak restoran, dan berbagai jenis pajak lainya) di pergunakan untuk menghidupi para pejabat yang katanya wakil rakyat.

Semua fasilitas dan gratifikasi yang di berikan oleh rakyat lewat pajak yang diberikan di pergunakan oleh para wakil yang tidak mewakilkan untuk dapat bergaya hidup mewah, Kita yang bayarin para DPR/MPR/DPD untuk jalan-jalan keluar negeri, Fasilitas Kendaraan mewah keluaran terbaru, Fasilitas Rumah dinas, Fasilitas yang katanya pembahasan UU/UUD, SBY menekankan kita untuk Berhemat, dan alasan ini juga di pakai dalam kebijakan Saat Penaikan BBM.

Kenapa selalu rakyat yang diminta berhemat, lalu apakah pejabat boleh bergaya hidup glamor?, karena kebiasaan hidup mewah yang di contohkan oleh pejabat maka hampir seluruh rakyat Indonesia Melakukan gaya hidup mewah dan Pamer harta atau kekayaan, di tunjang dengan maraknya pusat perbelanjaan yang memamerkan barang-barang yang eksklusif yang tidak terjangkau oleh masyarakat, sehingga untuk mendapatkan barang-barang yang eksklusif masyarakat dan pegawai rendahan melakukan korupsi atau berhutang agar mereka bisa seperti para pejabat.

Coba bayangkan kalau semua pejabat tidak bergaya hidup mewah dan tidak menghambur-hamburka n uang negara, berapa banyak pendapatan yang bisa dimanfaatkan untuk rakyat yang membutuhkan, seandainya tunjangan yang diberikan kepada pejabat yang nilainya Milyaran Rupiah dimanfaatkan membangun sekolah-sekolah yang hampir ambruk, berapa banyak sekolah yang bisa dibangun, Seandainya ongkos studi banding yang luar biasa mahalnya, di tiadakan dan di gantikan dengan pemberian benih padi gratis bukankah akan mensejahterakan petani kita

Apakah para pejabat membutuhkan mobil dinas yang harganya Milyaran, jawabanya tidak meraka bisa menggunakan produk alternatif, seharusnya yang mendapat eksklusifitas adalah Rakyat bukan pejabat, karena rakyat lebih membutuhkan, lihat dan buka mata kita, berapa banyak rakyat miskin secara aktual bukan data statistik pemerintah yang telah di manipulasi, berapa banyak korban gizi buruk, berapa banyak anak-anak tidak sekolah, sebuah hal yang kontras kalau kita melongok ke gedung MPR, atau Kantor-kantor Instansi Pemerintah, Disana Kita bisa menemukan Mobil Plat merah yang berupa Mobil Mewah, Mereka cuma bisa bersilat lidah, semua pejabat sama dengan penjahat.

Saya mencoba mengajak seluruh sahabat untuk tidak bergaya hidup mewah, karena hidup sedarhana lebih membawa kedamaian, dan kedamaian lebih membawa kebahagian, Dalam hal ini juga saya mengingatkan kembali kepada semua sahabat, agar dalam pemilihan-pemilihan umum kita harus memilih wakil kita dengan tepat, Bukan karena dia populer atau terkenal, bukan karena seorang artis, atau pilotikus yang mapan. dan jangan juga mau memilih karena di beri uang ratusan ribu, atau baju. karena jangan lupa apa yang kita dapat pasti ada ongkosnya, pasti ada udang di balik batu, pasti ada maksud jahat di balik muka manis yang dicitraknya, pilih yang bisa membangun rakyat, pilih yang mempunyai integritas, pilih yang mempunyai rekam jejak yang baik, kalau anda tidak menemukan tidak memilih mungkin bisa menjadi alternatif, hal ini bisa menjadi pelajaran kepada Para penjahat politik, bahwa rakyat tidak bodoh, dan rakyat Indoesia tidak mau di bodohi, dan rakyat tidak mau memilih para Koruptor.

-------------

Majulah Terus, Pantang Mundur !

Ketika Colombus menyeberangi lautan Atlantik yang sukar dan penuh dengan tantangan yang membahayakan, tidak tahu kemana arah ia berlayar. “Hari ini kami berlayar pada lintasan WSW”, tulisnya pada buku hariannya. Pada saat itu, Columbus pasti dipenuhi dengan harapan dan keyakinan bahwa dia diarahkan secara benar agar tepat pada tujuan yang ingin dicapai.


Pada saat itu, tentu ia juga mempunyai keraguan dan keputusasaan, bahwa ia tidak akan sampai pada tujuan, ia bisa saja tidak hentinya terombang-ambing di tengah lautan yang menggelora, mungkin ia juga bisa kehilangan dunia ini selama-lamanya. Hal-hal lain bisa juga mungkin terjadi lebih buruk, misalnya kapalnya rusak dan tenggelam, para awak kapal yang mulai panik dan memberontak, Apakah Colombus juga kadang-kadang kehilangan harapan dan keyakinannya ? Tentu saja ia pernah mengalaminya.


Namun pada saat-saat putus asa, frustasi, gelisah, dan dalam tengah krisis itu Columbus membangkitkan keberaniannya, Ia tahu ia harus berada pada posisi yang tepat dan maju terus. Mengapa ia menjadi berani ? Karena ia memiliki integritas dari dalam diri dia (Komitmen). Apakah Anda memiliki integritas diri ketika Anda ada dalam keadaan-keadaan sulit ? Punyakah Anda rasa harga diri selama menghadapi tantangan hidup ? Apakah Anda membangkitkan kepercayaayn dan keberanian Anda disaat kehilangan harapan, kegagalan, waktu panik, saat-saat krisis, ketika Anda tenggelam dalam lautan frustasi ? Ketika Anda merasa sudah tidak berdaya lagi ? Ketika Anda ingin memberontak kepada diri sendiri ? Kebesaran diri terbentuk ketika Anda mencoba untuk menjadi besar.


Kapan itu ? Pada saat-saat krisis,. Pada saat ragu-ragu, susah, putus harapan, maukah Anda menuliskan kata-kata Columbus pada selembar kertas : “Hari ini kami berlayar terus”, kemudian simak dan hayati dalam kehidupan Anda sehari-hari, ini merupakan tanggung jawab moral yang harus Anda buat juga.


Pesan :


Setiap orang sukses, pasti pernah mengalami kesulitan hidup, tantangan rintangan, dan krisis. Saat-saat kita mulai dari nol lagi, belum punya apa-apa, bahkan punya banyak keterbatasan. Saat-saat kita merasa frustasi, sepertinya ingin menyerah saja. Tetapi jauh di dalam hati, masih tersimpan sebuah harapan dan impian besar untuk diraih. Maka sering kali kita menangis di kesunyian malam. Guru saya pernah berkata: “Setiap orang sukses, pasti pernah menangis sendiri di tengah malam”. Tetapi pada saat itu juga kita akan menemukan kepercayaan, keberanian, dan passion kita kembali. Jadi jika Anda tengah mengalami masa-masa sulit dan krisis, Selamat, karena Anda sudah dipilih untuk menjadi orang sukses berikutnya, jika Anda berhasil melewati semua krisis dan tantangan, maka Anda akan keluar sebagai Pemenang ! Yes.. u’r the Next Winner !


Majulah Terus, Pantang Mundur !



*Rudy Lim adalah seorang Inspirator Muda, pengusaha, dan penulis buku, saat ini Ia sedang mempersiapkan sebuah buku Inspirasi khusus buat anak muda, dan Ia juga seorang Motivator & Trainer, Founder & Director of YOUNGS Spirit - Seminar & Workshop Training. Rudy dapat dihubungi di nomor handphone: 0812 8500 686 atau websitenya : www.rudylim. com
Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com


Ini adalah kelanjutan dari serial 23 Rahasia Keberhasilan Michael Jordan

Rahasia #5 : Jika Anda ingin meninggalkan ”Jejak di pasir waktu”, kerja keras (usaha keras) adalah mutlak anda lakukan.

Mohon maaf sebelumnya, bila sempat jeda sejenak tentang serial tulisan Rahasia MJ. Sepertinya saya belum memahami arti kerja keras yang di maksud MJ, sampai saya menuliskan artikel tentang kerja keras ini untuk anda. Sebelum saya menceritakan lebih lanjut, saya perlu meluruskan dulu arti ‘kerja keras’ di sini. Kerja keras, yg dimaksud di sini adalah usaha lebih keras, usaha gigih sampai mencapai tujuan.

Mengapa saya memberi judul seperti diatas? Itu karena saya terpikat oleh kata-kata yang disampaikan MJ. Lantas..... apa sih yang dikatakan oleh MJ?

Rekan-rekan akan temukan dalam cerita saya berikut ini.

Saya juga penasaran, bagaimana MJ bisa meningkatkan kualitas dan keahliannya begitu tinggi. Dia akan berusaha apapun yang bisa meningkatkan dirinya berada pada level tertinggi. Misal memanggil rekan2 satu tim untuk diajak latihan bersama di rumahnya. Maupun memanggil pelatih fisik dan sparing partner untuk berlatih.

Sejak kehadiran MJ dalam NBA, bola basket telah berubah dari hanya sebuah permainan, bergeser menjadi ’magnet’ yang bisa menyihir setiap orang yang menontonnya. Mulai dari pertandingan yang terheboh, persaingan iklan yang saling berebut tempat di hati pemirsanya dan atraksi para pemain saling unjuk gigi. Singkatnya pertandingan NBA telah menyuguhkan tontonan yang menghibur bagi siapa saja yang melihatnya.

Sampai seberapa hebat sih, pesona MJ saat itu di NBA? Mari kita tanyakan pada pelatih MJ di Chicago Bulls, Pill Jackson.

Berikut komentar Pill Jackson tentang sosok MJ:

Jika Anda ingin menciptakan bintang basket terbaik, maka dia harus memiliki kemampuan atletik menakjubkan. Pemain itu juga harus memiliki etika kerja tanpa mengenal lelah... terus mendorong dirinya menuju batas untuk mengejar kemenangan. Dia akan bekerja sampai habis, seperti kuda balap. Dia akan melaju lebih keras saat keadaan darurat bertambah sulit. Pemain itu harus menjadi seorang pesaing yang keras.... Yang memimpin di lapangan lewat kekuatan keinginannya.

Dia juga harus berjiwa pemimpin untuk mendorong rekan-rekan timnya. Dan dia harus memiliki bakat untuk naik di saat genting berkali-kali. Dia harus memiliki hasrat yang kuat, hasrat untuk mengangkat performa ke tingkat tertinggi. Dia menarik para penggemarnya, tidak hanya dengan bakatnya.... Tapi juga dengan kharismanya. Dia membawa dirinya dengan anggun dan hormat.....Yang membuatnya sempurna untuk menjadi duta besar bola basket.

Sepertinya tidak mungkin menemukan semua kualitas itu...terkumpul di dalam diri satu pemain. Tetapi pemain itu ada dalam diri Michael Jordan...

Itu semua bisa diraih MJ, karena usaha latihan keras yang dilakukannya setiap hari.

Pemain yang bagi dirinya, tidak ada yang tidak mungkin. Pemain yang memberi arti dari kehebatan bola basket.

MJ adalah pemain yang mendominasi basket dengan berbagai macam keahlian. MJ bisa bertahan, rebound, memblok tembakan, mencetak angka, semuanya.Dialah yang saat ini berhak menyandang pemain legendaris sepanjang masa. Jika ada ”pemain bola basket” dalam kamus webster...disitu akan terpampang foto Michael Jordan.

Cerita Kerja keras MJ semasa di Universitas
Terus bekerja keras, MJ bukan saja masuk tim tahun berikutnya.. .Dia bermain cukup baik untuk mendapatkan sebuah beasiswa... ke Universitas Carolina Utara, sekolah kaya dengan tradisi basket yang melegenda. Tapi dia masih menghadapi keraguan tentang kemampuannya. Komentar MJ, “Saat aku di smu, aku tidak begitu dikenal sebagai pemain bola basket. Semua mengira aku akan di Carolina utara dan duduk dibangku cadangan selama 4 tahun, pulang dan bekerja di SPBU setempat.”

MJ lantas bergabung dengan Team Universitas. Dan dipilih pelatih Dean Smith, sebagai pemain andalan. Dalam kejuaraan nasional 1982 melawan Georgetown, dia terkenal dengan salah satu tembakan terbesar dalam NCAA. Walaupun waktu tinggal 18 detik menjelang akhir pertandingan, MJ menembak dan masuk. Tembakan itu memberi gelar Dean Smith yang pertama dan menandai titik balik dalam karir MJ.

Apa kesan MJ saat itu: mengalahkan Georgetown di tahun 1982, itu menyalakan api dalam diriku bahwa aku takkan bisa dihentikan.

Didorong oleh rasa percaya diri yang baru, MJ akan siap melejit menuju panggung nasional. MJ menjadi pemain terbaik universitas sebanyak 2 kali.

Cerita kerja keras MJ memasuki debut profesional
Awal permainan di NBA, MJ membuat NBA heboh. MJ mengejutkan NBA dengan cara yang sulit disamai dan dilakukan oleh pemain NBA lainnya. Bagi MJ sepertinya apapun bisa dilakukan... dan di musim keduanya, MJ memainkan penampilan babak playoff yang mencengangkan panggung NBA. MJ mencetak 63 point saat melawan Boston. Rekor NBA baru untuk jumlah point seorang pemain.

MJ mungkin pemain paling menghebohkan yang datang ke NBA sejak Dr. J. Baru beberapa tahun, MJ sudah menjadi bahan pembicaraan para pemain legenda. Pertama, MJ membuat NBA malu, ya karena dia sehebat itu. MJ memiliki kepribadian dan kharisma, bahwa apapun yang dia lakukan menjadi populer dan keren. MJ banyak membintangi iklan dan diwawancarai media massa.

Namun dengan sikap merendah MJ berucap: “Aku hanya anak desa dari North Carolina, kalau bisa masuk televisi dan melakukan semua ini sangat hebat.”

Walaupun begitu MJ suka bergaul dengan oang lain, suka berada di sekitar orang. Dan MJ suka dengan anak-anak.

Tahun 1988 untuk pertama kalinya MJ terpilih sebagai MVP All-Star. Dan MJ telah naik status menuju mega bintang.

Apa kata-kata MJ yg membuat saya begitu terkesan?
”Saat kau kalah dalam pertandingan, kau mudah dilupakan orang. Dan aku rasa tidak ada orang yang mau dilupakan. Yang saya lakukan, saya hanya melakukan yang terbaik yang saya bisa pikirkan. Saya akan berikan apapun hidup saya, agar tim saya bisa menang.”

Jadi jelaslah di sini, bahwa ’jejak di pasir waktu’ yg dimaksudkan di sini oleh MJ, adalah ada seseorang yang layak dikenang sebagai pemain basket terbaik sepanjang masa.

Apa yang dimaksudkan oleh MJ tentang Kerja keras?
Anda harus melakukan apapun, untuk bisa mencapai apa yang anda inginkan. Namun sering kali banyak orang akan menyerah jika menemui jalan buntu atau kegagalan. Hal ini mengakibatkan semangatnya kendor dan melupakan tujuannya. Lalu mengganti tujuannya dengan yang jauh lebih mudah menurut pandangan mereka. Kalau cara satu gagal, anda perlu melakukan cara yang lainnya, terus sampai anda menemukan cara terbaik mencapai hasil. Jadi yang perlu diingat di sini, yang dirubah adalah cara dan strateginya bukan goalnya.


Tidak ada komentar: