Kamis, 25 September 2008

Rahasia #1: Keberhasilan Michael Phelps di Beijing




Sejak awal Olimpiade Beijing digelar, saya tertarik dengan impian satu orang ini. Dia adalah Michael Phelps. Sebelum bertanding, dia sudah mencanangkan bakal memecahkan banyak rekor di olimpiade. Dan itu dibuktikan dengan prestasi2 yang diraihnya dengan 8 emas Olimpiade di Beijing. Sungguh luar biasa mental pemenang yang dimiliki oleh Michael Phelps.

Kesempatan ini saya ingin mengajak anda, mengikuti apa sih rahasia keberhasilan Michael Phelps di Beijing. Berikut saya berbagi cerita dan tulisan tentang Michael Phelps.


Prestasi 4 Orang Michael
Apa yang sama dari nama-nama dibawah ini?

* Michael Jackson
* Michael Jordan
* Michael Schummacher
* Michael Phelps

Mereka semua memiliki kesamaan nama depan mereka. Namun mereka juga sama-sama terkenal dan terbaik di bidangnya masing-masing. Michael Jackson, tidak diragukan lagi dari berbagai show dan hit lagunya membuat dia dikenal sebagai penyanyi rock di masa kejayaannya. Michael Jordan, pemain maha bintang bola basket dengan 6 cincin juara NBA. Michael Schummacher, pembalap Formula satu, dengan 7 kejuaraan dunia.

Sedangkan Michael Phelps siapa itu? Nama yang masih cukup asing di telinga orang kebanyakan. Namun di perhelatan Olimpiade Beijing 2008, namanya paling dikenal karena dia telah meraih 8 emas Olimpiade.


AS saat ini menduduki peringkat 2 Olimpiade Beijing dengan perolehan 19 emas. Hampir setengahnya, 8 emas berhasil disumbangkan oleh satu orang yang bernama Michael Phelps tsb. Bisa dibayangkan kehebatannya

Sungguh suatu prestasi yang seolah tidak mungkin untuk dilakukan. Hanya mungkin dilakukan oleh orang-orang spesial yang memiliki talenta besar. Kalau saja ada olah raga basket pribadi dipertandingkan, mungkin Michael Jordan akan melakukan hal yang sama seperti Michaeil Phelps tersebut.


Indonesia juga baru saja meraih 1 emas Olimpiade melalui pasangan Ganda Putra Bulutangkis terbaik Indonesia Markis Kido & Hendra Setiawan. Ini satu hadiah bagi rakyat Indonesia yang merayakan Kemerdekaan ke-63. Kita patut memberi selamat dan berbangga masih ada putra terbaik Indonesia yang berprestasi di ajang Olimpiade dunia.

Untuk diketahui bahwa untuk mempertahankan tradisi 1 emas di Olimpiade harus menghabiskan 50M hanya untuk satu emas. Cerita Sutiyoso di media massa hari ini (18/8/08). Apalagi kabar terakhir, cabang bulutangkis terancam tidak dilombakan di Olimpiade 2020. Maka tradisi emas Indonesia bakal terancam juga. Kita berdoa dan berharap semoga Indonesia bisa berprestasi lebih baik lagi di tahun2 mendatang.


Kembali ke cerita sebelumnya apa sih yang istimewa dari Michael Phelps? Apa yang berhasil dicapainya?


Meraih 8 Emas di Olimpiade Beijing
Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps menorehkan namanya bersama nama-nama besar seperti pelari Finlandia, Paavo Nurmi, sprinter AS, Carl Lewis, perenang Mark Spitz serta Larysa Latynina. Pria 23 tahun itu masih memiliki peluang melampaui rekor nama-nama legendaris di ajang olimpiade tersebut.

Perenang AS Michael Phelps meraih medali emas ke-delapannya setelah menjadi yang tercepat di nomor 4 x 100 meter gaya ganti estafet. Michael Phelps pun mencatatkan namanya sebagai atlet tersukses di Olimpiade.

Phelps mengangkat tangannya dengan rasa gembira yang meluap-luap usai memenangi nomor 4 x 100 meter gaya ganti estafet. Itu adalah medali emas kedelapannya di Olimpiade Beijing.

Dengan raihan tersebut, Phelps mematahkan rekor tujuh emas di satu Olimpiade yang dipegang perenang Amerika Serikat lainnya, Mark Spitz. Prestasi Phelps kian dahsyat karena tujuh dari delapan emasnya di Beijing dicapai dengan menggoreskan rekor dunia baru. Di satu nomor lainnya, Phelps membuat rekor Olimpiade.

Klimaks perjalanan Phelps di Beijing tentu adalah ketika memastikan emas kedelapannya, Minggu (17/8/2008). Segala macam perasaan langsung menyergap Phelps seketika setelah memastikan kemenangan.

Apa yang dirasakan oleh Phelps setelah meraih emas?
"Aku tak tahu apa yang harus dirasakan, sangat banyak emosi, sangat banyak kegembiraan. Aku hanya ingin melihat ibuku," ceplos Phelps.

Sedari awal mengikuti Olimpiade 2008, Phelps memang telah mengusung misi melewati raihan Spitz. Orang-orang bisa meragukan atau mencemooh niatannya, jalan terjang pun harus didakinya. Tapi dia tak pernah patah semangat.

Apa komentar Phelps tentang tantangannya tsb?
"Ini sudah (bak) jadi perjalanan rollercoaster ke arah atas, tapi tetap menyenangkan. Hal yang terbesar adalah tidak ada yang mustahil...Dengan teramat banyak orang yang bilang itu tidak mungkin dilakukan, yang diperlukan hanyalah imajinasi,"

Berbekal semangat dan kerja keras yang dibumbui imajinasi tersebut, Phelps akhirnya menumbangkan rekor Spitz di Olimpiade, yang bertahan sejak tahun 1972 atau 36 tahun silam.

Tolok ukur baru kini sudah dibuat Michael Phelps "Si Raja Air", dan entah kapan baru bisa dipatahkan.

Phelps sudah memecahkan rekor sebagai pengumpul medali terbanyak Olimpiade dengan 14 emas. Di luar delapan emas di Beijing, enam emas sebelumnya dipetik Phelps di Athena empat tahun lalu.

Berikut data diri:
Nama: Michael Fred Phelps
Kelahiran: Baltimore (AS), 30 Juni 1985
Spesialisasi: Gaya bebas, gaya punggung, gaya ganti, dan gaya kupu-kupu

Berikut Prestasi yang diraih di Olimpiade Beijing:
- Medali emas gaya ganti 400 meter
- Medali emas gaya bebas estafet 4x100 meter
- Medali emas gaya bebas 200 meter
- Medali emas gaya kupu-kupu 200 meter
- Medali emas gaya bebas estafet 4x200 meter
- Medali emas gaya ganti 200 meter
- Medali emas gaya kupu-kupu 4x 100 meter

Apa perbedaan antara orang yang melakukan sesuatu karena tertaris dan
karena komitmen. Ketika kamu hanya tertarik melakukan sesuatu, maka
kamu akan melakukannya ketika keadaan yang mengizinkan. Ketika kamu
sudah memiliki komitmen kamu tidak lagi menerima keberatan dalam
keadaan apapun kecuali hasil akhir. (Art Turock)

Hambatan yang membatasi kemampuan kita mewujudkan impian hari esok,
adalah keragu-raguan kita hari ini. (Franklin Delano Roosevelt)

Dimana posisi Anda dan siapa Anda sekarang ini adalah karena pikiran-
pikiran yang mendominasi pikiran Anda. (John C. Maxwell)

Ada resiko yang tidak bisa kita hindari jika kita melangkah, akan tetapi
lebih berisiko lagi, kalau kita tidak melangkah kemanapun (Peter Drucker)

Banyak Kesempatan Datang Dari Teman-teman Baru

Sukses cepat datang jika kita mengembangkan pergaulan dengan melibatkan
orang-orang baru yang berkualitas. Mereka adalah orang yang dapat mengajari,
menantang, dan memberi kita semangat. Teman-teman dan rekan-rekan bisnis
yang lama bisa saja menyenangkan, tetapi pergaulan harus terus berkembang
bila kita hendak meraih potensi sepenuhnya. Keyakinan kita adalah bahwa
banyak kesempatan penting dan baru berasal dari teman-teman yang baru.
Menemukan orang-orang yang berkualitas seperti ini akan memberi kita
kesempatan yang terbaik mungkin bagi kemajuan yang mengarah kepada tujuan
kita.

Kesempatan-kesempatan kecil acapkali merupakan permulaan usaha yang dasyat

Tidak ada komentar: