Senin, 20 Oktober 2008

MENINGKATKAN SIKAP POSITIF





Oleh Eko Jalu Santoso, Weblog: www.EkoJaluSantoso. com





Kita mengetahui bahwa memiliki sikap positif merupakan unsur penting bagi keberhasilan dan kesuksesan hidup seseorang. Apakah sikap positif ini bisa ditingkatkan dalam diri kita ? Bagaimana meningkatkan sikap positif dalam diri kita ? Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sikap positif seseorang ?



Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama, namun sikap positif dalam diri tentu saja dapat terus dilatih dan ditingkatkan lagi. Kuncinya adalah kita dapat memahami berbagai factor yang dapat mendukung peningkatan sikap positif dalam diri kita. Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi sikap positif seseorang ?



Pertama adalah faktor spiritual.

Kekuatan spiritual disini artinya adalah kemampuan yang bersumber dari suara hati terdalam, seperti kemampuan untuk bersyukur, misalnya. Kekuatan spiritual berpegaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melihat sisi positif dari setiap kejadian yang datang. Dengan meningkatkan kekayaan spiritual, seseorang akan mampu mengartikan semua fenomena hidup yang dating kepadanya, menganggapnya sebagai pelajaran berharga, yang dapat membangkitkan nilai lebih dalam dirinya.



Manusia yang memiliki kekayaan spiritual, akan lebih mudah mengontrol terhadap sikap dirinya. Sehingga orang itu tetap memiliki tekad yang kuat untuk berusaha dengan cara-cara yang positif tanpa kenal putus asa, karena meyakini adanya kekuatan dari Allah. Kekuatan spiritual dapat mengarahkan pikiran dan sikap seseorang kepada hal-hal yang positif sesuai nilai-nilai kebaikan dan kebenaran, tidak dihantui oleh rasa tidak percaya diri, malas, dan sikap negatif lainnya. Maka teruslah melatih dan memperkaya pemahan nilai-nilai spiritualitas dalam hidup ini.



Kedua adalah faktor impian.

Seseorang yang selalu dapat memperbarui impian akan cenderung bersikap berani, rajin, percaya diri atau bersikap lebih positif. Impian yang besar akan menjadikan seseorang berusaha mengadaptasikan sikap mereka menjadi penuh tenggang rasa, jujur, hormat, tegas, insiatif, berjiwa besar dan lain sebagainya. Sikap-sikap itu adalah intisariud ari sikap positif dalam diri. Orang yang mempunyai impian akan selalu dapat mengendalikan sikap dengan pikirannya menjadi lebih optimis dan positif..



Oleh sebab itu, letakkan satu standar impian yang lebih tinggi, sehingga potensi diri kita dapat ditingkatkan. William Faulkner, seorang novelis peraih hadiah nobel, mengatakan, "Impikan dan bidiklah selalu lebih tinggi daripada yang Anda sanggupi. Janganlah hanya bercita- cita lebih baik daripada pendahulu atau sesama Anda. Cobalah menjadi lebih baik daripada diri sendiri." Artinya, kita senantiasa memerlukan impian sebagai kontrol terhadap sikap dan mencapai kemajuan hidup yang berarti.



Ketiga adalah antusiasme.

Elbert Hubbart menegaskan, "Nothing great has ever been accomplished without enthusiasm. – Tidak ada satupun kemajuan menakjubkan untuk diraih tanpa antusiasme." Antusiasme artinya semangat. Disaat kita sedang bersemangat, pada saat itulah Tuhan senantiasa mendampingi kita. Dengan semangat itulah manusia menciptakan impian yang lebih besar, berusaha memperoleh kemajuan-kemajuan serta mencapai sukses



Semangat dapat terus ditingkatkan dengan mengisi setiap detik waktu kita dengan kebiasaan-kebiasaan yang positif dan konstruktif. Kebiasaan-kebiasaan positif itu diantaranya mendengar, membaca, berbicara dan bergaul dengan orang yang positif. Jika seseorang dapat mempertahankan dan meningkatkan semangat hidup dalam dirinya, maka sikapnya menjadi lebih terarah hingga dapat menikmati hal-hal yang benar-benar menakjubkan di dunia ini.



Demikianlah bahwa sikap positif sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diatas. Dengan kita memahaminya, diharapkan Anda dapat meningkatkan dan memilihara sikap positif dalam hidup ini. Karena sikap positif sangat mempengaruhi seseorang untuk dapat mengekplorasi seluruh potensi diri dan meraih kesuksesan maupun kebahagiaan. Selamat berjuang !

Orang gagal selalu mencari jalan untuk menghindari, sementara orang sukses
mencari jalan bagaimana menghindari untuk menginginkan. (Jim Rohn)

Sebagian besar orang yang telah gagal dalam hidupnya karena telah
menumpahkan sebagian besar perhatiannya pada sebagian ebsar hal-hal
yang kecil yang kurang mempunyai arti bagi hidupnya. (Anthony Robbins)

Meskipun Anda bebas memilih tindakan, tetapi Anda tidak bebas untuk
memilih konsekuensi tindakan (Dr. Stephen R. Covey)

Jangan pernah mengabulkan mentalitas coba-coba. Lakukanlah sesuatu
atau tidak melakukan sama sekali. Keberhasilan tidak memihak pada filsafat
coba-coba (YODA)

24 Things To Always
Remember

Your presence is a present to the world.
You are unique and one of a kind.
Your life can be what you want it to be.
Take the days just one at a time.

Count your blessings, not your troubles.
You will make it through whatever comes along.
Within you are so many answers.
Understand, have courage, be strong.

Do not put limits on yourself.
So many dreams are waiting to be realized.
Decisions are too important to leave to chance.
Reach for your peak, your goal and you prize.

Nothing wastes more energy than worrying.
The longer one carries a problem the heavier it gets.
Do not take things too seriously.
Live a life of serenity, not a life of regrets.

Remember that a little love goes a long way.
Remember that a lot … goes forever.
Remember that friendship is a wise investment.
Life’s treasure are people together.

Realize that it is never too late.
Do ordinary things in an extraordinary way.
Have hearth and hope and happiness.
Take the time to wish upon a start.

AND DO NOT EVER FORGET ….
FOR EVEN A DAY
HOW VERY SPECIAL YOU ARE !

Tidak ada komentar: