Rabu, 15 Oktober 2008

Berpikir Negatif Tidak Menguntungkan




“No empowerment is so effective as self-empowerment. In this world, the optimists have it, not because they are always right, but because they are positive. Even when wrong, they are positive, and that is the way of achievement. – Tidak ada kekuatan yang paling efektif dibandingkan kekuatan dari dalam diri sendiri. Di dunia ini, hanya orang-orang optimis yang mempunyai kekuatan besar. Bahkan ketika segalanya berjalan keliru, mereka tetap positif dan itulah jalan menuju prestasi.”
David Landes - California

Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah disimpulkan bahwa berpikir negatif memberikan pengaruh buruk yang lebih besar dibandingkan dengan dampak positifnya. Salah satu pengaruh berpikir negatif adalah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Berpikir negatif juga menyebabkan seseorang tertekan dan kehilangan banyak energi. Dampak yang lebih buruk dari berpikir negatif adalah mengakibatkan seseorang tidak mampu lagi berbuat sesuatu untuk menciptakan prestasi maupun kebahagiaan.

Kisah asmara sepasang muda-mudi berikut ini menjelaskan bagaimana pikiran yang negatif menyebabkan kisah asmara itu kandas begitu saja. Tragedi itu bermula ketika pemuda tersebut harus pergi berjuang ke medan perang. Pada saat menghadapi peperangan, kaki kanannya putus terkena bom. Ia merasa tidak lagi pantas memiliki gadis pujaan hati karena cacat kaki.

Terpaksa ia meminta bantuan temannya agar memberitahu kekasihnya itu bahwa ia sudah gugur di medan peperangan. Pasca kejadian itu, ia justru melalui hari-hari dengan keputusasaan, karena ia masih sangat mencintai wanita itu. Hingga suatu ketika ia mendengar bahwa mantan kekasihnya akan segera menikah.

Pemuda tersebut merasa senang bercampur sedih. Di satu sisi ia senang kekasih hatinya sudah dapat menemukan pengganti, tetapi ia sedih karena kekasihnya akan segera menjadi milik orang lain. Pemuda tersebut ingin melihat mantan kekasihnya tersenyum bahagia. Ia sengaja datang pada acara pernikahan dan terus memperhatikan wanita itu secara diam-diam.

Tetapi ia sangat terperanjat ketika melihat calon suami kekasihnya itu. Sebab pria itu adalah teman seperjuangan yang terputus kedua kakinya akibat perang. Pemuda tersebut sangat menyesal mengapa dulu ia berpikir negatif dan terburu-buru memutuskan untuk mengundurkan diri karena kakinya terputus satu. Mengapa ia tidak menemui kekasihnya terlebih dahulu dan menanyakan secara langsung? Tetapi semua sudah terlambat, pemikiran negatif hanya meninggalkan penyesalan.

Kisah tersebut sebenarnya menegaskan bahwa kita seharusnya memikirkan kemungkinan terbaik terlebih dahulu, sebelum memikirkan kemungkinan terburuk. Sebab apa yang terjadi di depan nanti mungkin jauh lebih baik dari apa yang kita pikirkan. Semoga kita mempunyai satu kesamaan pendapat bahwa berpikir positif itu jauh lebih menguntungkan.

Karena itu budayakan berpikir positif dalam hidup Anda. Kemampuan berpikir positif terbentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang positif pula. Berikut ini merupakan tips mengkondisikan diri agar setiap saat berpikir positif.

Tips yang pertama adalah mengurangi informasi negatif. Mungkin Anda cenderung lebih sering mendengar berita tentang tragedi maupun tindak kejahatan, penindasan, penyelewengan dan lain sebagainya. Tetapi berita tentang keharmonisan, kepedulian, kejujuran dan cinta kasih seringkali luput dari perhatian. Maka mulai saat ini kurangi informasi tentang hal-hal yang negatif.

Pada saat yang sama, konsumsi berita-berita yang membangkitkan optimisme. Ada baiknya jika Anda berusaha bergaul hanya dengan orang-orang yang secara pasti memberikan masukan positif terhadap cara berpikir. Brian Tracy mengatakan, “Get around the right people. Associate with positive, goal-oriented people who encourage and inspire you. – Bergaulah dengan orang yang tepat. Bekerjasamalah dengan orang yang positif, yang berorientasi kepada hasil, mereka yang membangkitkan semangat dan menginspirasikan banyak hal kepadamu.” Dengan demikian, lambat laun cara berpikir Anda akan lebih positif.

Tips yang kedua adalah memfokuskan diri hanya kepada hal-hal yang positif. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa. Daripada memikirkan tentang sesuatu yang hilang dalam hidup, akan lebih baik bila Anda membuat daftar anugrah Tuhan YME yang membuat Anda merasa lebih bersyukur.

Contohnya jika Anda sedang kesal atas kemalangan yang menimpa, mungkin berupa ban kempes, macet, pekerjaan belum beres, kehilangan dan lain sebagainya. Daripada terus memikirkan kemalangan itu, apakah tidak sebaiknya Anda merenungkan betapa besar anugrah Tuhan Yang Maha Esa, karena keajaiban kerja milyaran sel dalam tubuh Anda. Anugerah itu memungkinkan Anda tetap bernafas, melihat, mendengar, dan lain sebagainya. Pada saat itulah, Anda akan dapat merasakan bahwa kemalangan yang sedang Anda alami tidaklah seberapa dibandingkan anugrah Tuhan YME. Sehingga Anda dapat berpikir positif lagi dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Tips selanjutnya adalah menerima kejadian apa adanya dan menghilangkan kesan negatif atau trauma. Namun jika trauma itu benar-benar sulit dihilangkan, bukan berarti itu merupakan tanda-tanda kelemahan Anda. Cobalah sekali lagi memikirkan solusi-solusi konstruktif dan melakukan sesuatu yang memudahkan usaha Anda melupakan segala trauma atau kesan negatif.

Sebaiknya praktekkan beberapa tips tersebut minimal dalam kurun waktu satu bulan. Pada saat itu Anda dapat menilai bahwa cara berpikir sangat menentukan apakah Anda mampu memperoleh hasil negatif ataukah positif. Kata Zig Ziglar, “It's not the situation, but wheather we react (negative) or respond (positive) to the situation that's important. – Bukan persoalan situasinya yang tidak tepat, yang terpenting adalah bagaimana kita mereaksi atau merespon situasi tersebut.” Pada saat yang sama Anda akan dapat menilai apakah benar berpikir positif sangat memudahkan Anda menjalani kehidupan ini? Setelah itu barulah Anda boleh memutuskan untuk berpikir negatif ataukah berpikir positif saja. Saya sangat yakin Anda mengerti mana yang harus dipilih!

*Andrew Ho adalah salah satu motivator terbaik di Asia.

ANNIE BUDDY ? ANNIE WAN ? NOE WAN ? SUM BUDDY ?

Lee Sum Wan : Hello can i speak to Annie Wan

Mr Sori : Yes u could speak to me.
Lee Sum Wan : No, i want to speak to Annie Wan!
Mr Sori : You are talking to someone! Who is this?
Lee Sum Wan : Im Sum Wan. And i need to talk to Annie Wan! Its
urgent.
Mr Sori : I know u are someone and u want to talk to anyone! But
whats this urgent matter about?
Lee Sum Wan : Well just tell my sister Annie Wan that our brother
was involved in an accident. Noe Wan got injured and now Noe wan is
being sent to the hospital. Right now Avery Wan is going to the
hospital.
Mr Sori : Look if no one was injured and no one was sent to the
hospital from the accident that isnt an urgent matter! You may find
this hilarious but i dont have time for this!!!
Lee Sum Wan : You are rude. Who are you?
Mr Sori : Im Sori.
Lee Sum Wan : You should be sorry. Now give me your name!
Mr Sor I : Im Sori!!
Lee Sum Wan : I dont like your tone of voice Mr and i dont care,
give me your name!
Mr Sori : Look lady, I told you already Im Sori! Im Sori!! Im
SORI!!! you didnt even give me your name!
Lee Sum Wan : I told u before im Sum Wan! Sum Wan!!! You better be
careful my father is Sum Buddy. And my uncle holds a very big
position in the company. He is Noe Buddy.
Mr Sori : Oh im so scared sarcastically).Look i dont care about ur
uncle he's a nobody. Everybody thinks his top dog and holding an
important position in the company.
Lee Sum Wan : No Avery Buddy just married my aunt. And Avery Buddy
doesn't work there.
Mr Sori : Like i said i dont care which one of ur aunt screws
everybody and i also know that not everybody works here! Jeez!!!
Lee Sum Wan : Wheech Wan is my sis!
Mr. Sori : I dont know which one is ur sis! Why in gods name u think
i do!? Look i got work to do and if im feeling mischievious i'll
broadcast it on the P.A system saying. "Attention, someone called and said that
anyones brother just got involved in an accident. But not to worry no
one got injured and no one was sent to the hospital. But everyone is going
to the hospital anyways. The father maybe a somebody but if u're their
uncle, u're a nobody. "how bout that!?

David Villa
Cuma Fokuskan Ahad ke Ahad

Sebagai pemegang tunggal rekor sempurna di kompetisi Primera Division La Liga musim 08/09 ini, David Villa sama sekali tak merasa takabur. Bomber Valencia yang telah menorehkan enam gol dari enam jornada dan duduk di tangga teratas daftar el pichichi ini justru merasa belum apa-apa.

“Saat ini kami tidak sedang melawan Barcelona. Kami tidak sedang bertarung dengan klub mana pun. Masih terlalu dini membicarakan pertarungan guna memperebutkan gelar juara di akhir musim nanti,” begitu ucap Villa, seperti dilansir situs ABC.

Menurut pandangan delantero yang menjadi top scorer di Euro 2008 serta ikut berperan penting dalam perengkuhan gelar el campeon buat La Furia Roja itu, gambaran tentang kuda pacu yang berlomba di jalur juara baru bisa dilihat setidaknya setelah dua bulan berkompetisi.

“Saat liga telah berjalan selama minimal dua bulan, barulah kita bisa meraba klub mana yang ikut tersangkut di dalam kompetisi meraih gelar juara. Tentunya setelah masa itu saya berharap Valencia adalah salah satu dari tim tersebut,” lanjut bekas striker Sporting Gijon dan Real Zaragoza itu.

Mengacu pada tren di mana kerap muncul korelasi erat antara peraih el pichichi dan gelar juara di akhir musim, Villa layak merasa optimistis akan kans Los Ches menyabet trofi La Liga, yang telah absen “berkunjung” ke Mestalla sejak musim 03/04 silam.

Apalagi probabilitas Pasukan Kelelawar untuk bertahta di pengujung musim ini bisa dibilang sangat mumpuni. Namun, faktor Valencia yang tidak mengikuti ajang Liga Champion, yang notabene menyita ekstra tenaga dan mental, sedangkan para pesaing kuat ada di LC tetap belum bisa dianggap sebagai barometer mutlak.

“Kami, terutama saya, hanya memfokuskan diri pada tim yang akan dihadapi pada hari Minggu ke Minggu. Jika ini sudah dikuasai dengan sempurna, maka segalanya akan berjalan sesuai dengan harapan,” imbuh Villa. (shr)



Jangkar Berat Spurs

Saat Martin Jol masih memegang kendali di Tottenham pada awal 2007/08, ia pernah mengungkapkan keheranannya mengapa pemain sekelas Darren Bent harus dipaksakan dibeli sangat mahal, seharga 16,5 juta pound (Rp 275,5 miliar), dari Charlton. Hal ini jugalah yang membuat manajemen Spurs berang dan mulai membuat Jol terkucil.

Harus diakui bahwa Bent memang kemahalan lantaran striker internasional sekelas Roman Pavlyuchenko saja hanya berbanderol 14 juta pound. Padahal, dibanding Bent, yang masih minim jam terbang di level Eropa, apalagi dunia, Pavlyuchenko justru amat produktif dan tajam di Euro 2008 bersama Rusia.

Pertanyaan yang sama pasti bakal dilontarkan Jol andai ia masih ada di Tottenham ketika Sporting Director Damien Comolly membeli David Bentley seharga 15 juta pound dari Blackburn pada Juli.

Keterpaksaan membeli pemain Inggris yang berharga selangit ini muncul karena komitmen para petinggi Spurs untuk selalu memasang minimal enam orang produk lokal dalam setiap laga di kompetisi domestik dan Eropa.

Kredo alias keyakinan yang sebenarnya mulia tersebut akhirnya seakan menjadi jangkar berat yang menahan Tottenham terus berada di dasar klasemen Premier League 2008/09. Bentley dan Bent, yang sempat bersinar di preseason ketika menghadapi AS Roma, Leyton Orient, dan Norwich, ternyata tidak berkembang di awal kompetisi yang sesungguhnya.

Jangan lupa, saat itu lini depan The North Londoners masih diperkuat Robbie Keane dan Dimitar Berbatov. Kini, Pavlyuchenko sendiri sempat diragukan pelatih Juande Ramos bakal cocok bersanding dengan Bent lantaran keduanya adalah target man oportunistis yang tak bisa saling melengkapi.

Tidak sulit untuk menelisik di mana letak kesalahan Tottenham dalam mengawali musim ini. Mereka praktis tidak punya striker berkelas Eropa dalam jumlah yang memadai untuk mendulang gol-gol kemenangan.

Uang memang ada, tapi Comolli memang telah salah dalam membelanjakannya. (Darojatun)





Tidak Boleh Jual-Beli

Ironis sekali kondisi lini depan Tottenham. Jermain Defoe dijual ke Portsmouth lantaran dirinya relatif jarang masuk tim utama sejak kick-off bila dibandingkan kesempatan yang diperoleh Robbie Keane dan Dimitar Berbatov musim lalu.

Eh, ternyata Keane dan Berba pun musim ini berturut-turut dilego ke Liverpool serta Manchester United. Strategi penjualan yang ngawur dari Sporting Director Damien Comolli inilah yang menurut The Observer sebagai biang kemunduran The North Londoners.

Bek kiri Gareth Bale mengakui bahwa minimnya gol pembuka membuat Spurs sering kali bermain tidak dengan karakternya lantaran dikejar-kejar kewajiban untuk menyamakan kedudukan. Pernyataan ini sudah cukup untuk membuat manajemen Tottenham mengetok palu: Comolli untuk sementara dilarang melakukan transaksi jual-beli pemain.

Comolly sendiri berdalih bahwa hubungannya dengan jejaring agen pemain dari Spanyol, tempat di mana banyak pemain yang diminati Juande Ramos berasal, memang tidak cukup bagus. Itulah sebabnya Spurs terus menerus gagal mendapatkan dua striker Real Zaragoza, Sergio Garcia dan Diego Milito, yang di pertengahan tahun ini diincar sang pelatih. (toen)

Tidak ada komentar: