Rabu, 15 Oktober 2008

Tips cara Jitu Mempertahankan Daya Ingat




Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari adanya gangguan pada daya ingat kita hingga saat kita menyadarinya, biasanya keadaan itu sudah berkembang dengan tingkat yang lumayan berat.

Namun tak perlu khawatir, para ahli setuju banyak diantara kita dapat memelihara daya ingat saat usia bertambah dan lebih mudah ketika Anda menerapkan teori dalam praktek, itu lebih baik. Sehingga berhentilah mengkuatirkan sesuatu dan cobalah beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan daya ingat lebih baik.

1. Olah raga. Kegiatan fisik membuat jantung memompa dan otot bergerak-bahkan hanya dengan jalan kaki sehari-hari akan meningkatkan supply darah dan nutrisi ke otak.

2. Tidur yang cukup. Keletihan akan menggangu informasi yang telah kita simpan, begitu juga kemampuan Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru. Tetapi tidur yang cukup di malam hari akan membantu daya ingat Anda berfungsi.

3. Hati-hati dengan suplemen. Banyak klaim dibuat tentang kehebatan vitamin C, E suplemen herbal ginkgo biloba untuk meningkatkan daya ingat, tetapi para ilmuwan tidak dengan suara bulat mengakui khasiat suplemen tersebut. Alih-alih, dapatkan vitamin yang Anda perlukan melalui cara makan yang sehat dan konsultasi ke ahli diet atau dokter sebelum mencoba suplemen tersebut.

4. Mengontrol stress. Stres membuat Anda berpikir tidak jelas dan dapat menggangu daya ingat yang baik. Sementara sumber stress mungkin diluar kontrol Anda, Anda dapat mengajari tubuh untuk merespon situasi secara berbeda dengan latihan yoga atau therafi relaksasi.

5. Mengobati depresi. Jika Anda memiliki masalah daya ingat dengan insomnia dan merasa gelisah dan putus asa, Anda mungkin menderita depresi. Ketika situasi ini diobati dengan efektif, daya ingat Anda seharusnya membaik.

6. Mengawasi pengobatan. Beberapa antidepressant, antihistamin dan obat-obat darah tinggi dapat melemahkan daya ingat. Jika Anda menemukan masalah ini, berbicaralah ke dokter Anda. Jangan pernah berhenti menerima resep obat tanpa nasehat medis.

7. Lakukan berulang. Katakan sesuatu dengan keras dan ulangi beberapa kali akan membantu untuk mengingat.

8. Permainan. Untuk merangsang daya ingat cobalah untuk mencoba permainan seperti catur atau scrabble.

9. Terus belajar. Belajar bahasa baru, mengikuti kursus dan menghadiri perkuliahan adalah salah satu cara untuk mengasah daya ingat.

10. Belajar dengan angka. Mengingat nomor telepon, nomor kartu kredit atau passward adalah cara untuk tetap menumbuhkan daya ingat Anda.

11. Belajar konsentrasi. Duduk di dapur dan buatlah daftar dalam pikiran Anda tentang segala sesuatu yang ad di tempat tidur. Tujuan dari latihan ini untuk membangun perhatian dan konsentrasi dengan memfokuskan pada sekitarnya. Selamat mencoba! (sumber : Mr. MGM)

Unai Emery
Menghapus Kata Mustahil

Menjelang berakhirnya kompetisi Primera Division La Liga 07/08, tentu hanya segelintir orang yang berani menjagokan Valencia sebagai juara. Jangankan merebut el campeon, untuk sekadar masuk papan tengah pun terbilang mustahil.

Unai Emery (kiri) telah mengubah Valencia menjadi pasukan solid. (Foto: AFP)

Mereka yang masih menyandarkan asa tinggi pada Los Ches bahkan cukup pantas untuk disebut tengah bermimpi di siang hari bolong. Maklum saja, kala itu pasukan Mestalla sedang menjadi tertawaan publik di headline surat kabar serta tengah berkutat di papan bawah klasemen.

Cerita yang sama membayangi kampanye David Villa cs. menjelang bergulirnya musim anyar La Liga. Ini lantaran masalah kolektif, mulai dari kekisruhan kepemimpinan klub yang tak kunjung mereda, aksi sepi pembelian di bursa transfer, hingga penunjukan Unai Emery sebagai pelatih.

Kendala pertama berhasil dilalui setelah Vicente Soriano duduk di kursi el presidente guna menggantikan Agustin Morera –yang baru saja mengisi tempat Juan Bautista Soler– dan membawa tambahan uang segar guna mencicil utang lewat kedatangan sejumlah investor anyar.

Lalu lintas altas-bajas yang kering diakali dengan melego kuartet Jaime Gavilan, Javier Arizmendi, Ever banega, dan Sisi seharga total 10,7 juta euro, dengan kompensasi positif berkat pembelian Pablo Hernandez dan Renan bernilai total 6 juta euro.

Keberhasilan dalam melewati dua rintangan awal ini justru menjadi pelecut bagi Emery. Dengan hanya menyertakan klub kecil Lorca Deportiva (Segunda II-B) dan Almeria dalam curriculum vitae, pelatih termuda La Liga ini sukses menghapus kata mustahil dari kamus Valencia.

Layaknya dua pendahulu yang terbilang sukses di Mestalla, Rafael Benitez dan Quique Sanchez Flores, Emery juga mendapat mandat di usia muda. Modal sukses di klub kecil seperti Rafa dan Quique juga dilalui Emery. Rafa di Tenerife dan Quique di Getafe.

Secara otomatis, latar belakang minimalis ini membuat Emery muncul membawa label low profile. Dengan ini, ia bisa meracik skuadnya sesuai dengan kemauan, tanpa ada tekanan kuat dari pihak klub dan tuntutan pendukung yang biasa menyertai pelatih ternama.

Lantas apa kunci sukses Emery sehingga di enam jornada awal sanggup membawa Valencia menguasai klasemen? Yang pasti, ini dibuka oleh kengototannya mengikat Villa dan David Silva meski penjualan duet ini berpotensi menambah kas hingga puluhan juta euro.

Dua pemain yang sukses mengantar Spanyol ke tangga juara Euro 2008 ini adalah pilar utama Emery untuk membangun sepakbola menyerang. Villa dipatok sebagai ujung tombak dan Silva diplot membayangi pergerakan Villa guna memberi umpan atau melepas tembakan.

Khusus Villa, ia membuktikan kepercayaan Emery dengan torehan enam gol dalam enam laga. Kunci kedua Emery adalah keberhasilan mengubah status David Albelda dan Miguel Angulo dari pemberontak menjadi pengayom. Maklum, pada musim lalu, dua pemain ini dibuang di tengah musim.

Kembalinya Albelda-Angulo ternyata mampu menjembatani gap generasi yang sempat melebar jauh. Valencia sebagai satu elemen utuh pun kembali tersusun. Disokong semakin matangnya Juan Mata serta dibarengi start buruk Real Madrid dan Barcelona, Emery bisa memaksimalkan situasi.

Di awal kepemimpinannya, Emery juga telah membukukan rekor start terbaik sepanjang masa Valencia (16 poin dari 6 laga). Pantaskah miracle man disandang Emery? Jika belum, mungkin penghapus kata mustahil bisa mengawali kiprah Emery di Mestalla. (Sapto Haryo Rajasa)


Tidak ada komentar: